Minggu, 26 Februari 2012

10 Pohon Paling Terkenal di Dunia

Sejak dulu sampai sekarang banyak pohon di seluruh dunia yang sangat fenomenal. L'Arbre du Tenere pernah dianggap sebagai pohon yang paling terisolasi di Bumi, sebuah pohon pada rute kafilah di Sahara. Namun, pohon ini akhirnya roboh ditabrak oleh sopir truk mabuk Libya tahun 1973. Bulan Agustus 2010 Anne Frank, pohon terkenal di Amsterdam juga roboh akibat terjangan badai. Akan tetapi, sekarang masih ada beberapa pohon unik di beberapa bagian di dunia. Berikut gambarannya.


1. Arbol del Tule


Arbol del Tule

Sebuah pohon spesies Montezuma cypress yang tumbuh di pusat kota Santa Maria del Tule, Meksiko. Memiliki batang yang sangat tebal, dengan keliling sekitar 48,8 meter menjadikan pohon ini sebagai pohon tertebal di dunia. Pohon ini begitu besar, sehingga beberapa orang menganggap pohon ini sebagai kumpulan dari beberapa pohon. Namun tes DNA menyatakan bahwa ini merupakan satu pohon. Pohon ini diperkirakan berumur 1200 s.d. 3000 tahun.

2. Cotton tree

Cotton Tree

Cotton Tree(pohon kapas) ini adalah simbol bersejarah kota Freetown, ibukota Sierra Leone. Menurut legenda pohon ini menjadi simbol penting kota Freetown pada tahun 1972 ketika sekelompok mantan budak Afrika Amerika, yang telah memperoleh kemerdekannya mulai menetap di Freetown. Mereka mendarat di bibir pantai lalu berjalan kesebuah pohon besar , memberi persembahan, dan mengucap syukur karena bisa mendarat di sebuah negara yang bebas.

3. Boab Prison Tree

Boab Prison Tree

Boab Prison Tree adalah pohon berongga besar yang tertanam di selatan Derby di Australia Barat. Disebut Boab Prison Tree karena batangnya yang berdiameter 14 meter ini dipotong untuk membentuk ruangan kecil yang digunakan sebagai penjara. Polisi yang akan membawa pelaku kejahatan ke kota akan menggunakan pohon ini sebagai penjara sementara saat istirahat, sebelum dibawa ke penjara kota. Pohaon ini diperkirakan berusia 1500 tahun.

4.  Major Oak

Major Oak

Major Oak adalah pohon Oak besar di jantung Hutan Sherwood, Nottinghamshire, Inggris. Menurut cerita rakyat setempat, itu adalah tempat persembunyian Robin Hood dan anak buahnya. Umurnya sekitar 800 s.d 1000 tahun. Pada tahun 1790, Mayor Haman Rooke, seorang pengoleksi barang-barang antik, memasukkannya dalam buku populer karyanya mengenai pohon kuno di Sherwood.

5. Lone Cypress

Lone Cypress

Pohon ini mungkin adalah titik yang paling dikenal sepanjang berkendara 17 Km di jalan dengan pemandangan luar biasa melalui Pacific Grove dan Pebble Beach. Pemandangan indah terhampar sepanjang jalan ini dengan tikungan-tikungan di lokasi yang bersejarah dan indah ini. Pohon ini adalah spesies endemik pusat Pantai California. Di alam liar populasinya sangat terbatas, dan hanya tersebar di daerah Monterey dan Carmel.

6. Tree of Life

Tree of Life

Pohon Kehidupan di Bahrain ini adalah jenis pohon Mesquite yang tumbuh di daerah padang pasir. Diperkirakan umurnya 400 s.d. 500 tahun. Akarnya yang panjang mungkin sudah mencapai sumber air bawah tanah, tetapi ini adalah suatu keajaiban dimana pohon ini adalah satu-satunya tumbuhan hijau yang dapat hidup di padang pasir yang luas dan tandus ini.

7. Pohon Darah Naga

Socotra

Kepulauan Socotra di Samudera Hindia, yang terletak di lepas pantaiSomalia, adalah habitat bagi pohon Darah Naga. Batangnya terlihat “telanjang” dan hanya bercabang di bagian atas, berakhir di daun yang runcing dan tajam. Pohon ini akan mengeluarkan getah berwarna merah ketika digores. Getah merah ini, yang disebut Darah Naga, akan dikeringkan dan kemudian digunakan sebagai obat atau pewarna. Sementara penduduk Socotra masih menggunakannya sebagai obat mujarab, getah ini banyak digunakan di Negara Barat sebagai pernis merah untuk pewarna biola.

8. General Sherman

General Sherman

Pohon jenis Giant Sequoia ini hidup di Hutan Raksasa di Taman Nasional Sequoia Di California. Pohon-pohon terkenal di tempat ini termasuk pohon-pohon terbesar di dunia. Bahkan jika diukur berdasarkan volume, lima dari sepuluh pohon terbesar di planet ini terdapat di tempat ini. Dan General Sherman adalah pohon yang terbesar diantara mereka. Umurnya sekitar 2300 s.d 2700 tahun.

9.  Cedars of God

Cedars of God

Cedars of God adalah sebuah hutan kecil dengan 400 pohon cedar lebanon yang terdapat ini pegunungan utara Lebanon. Pohon-pohon ini adalah makhluk hidup terakhir dari hutan luas yang berkembang di daerah ini pada zaman kuno. Orang Mesir menggunakan getahnya untuk mengurus mumi dan Raja Salomo menggunakan pohon ini untuk membangun kuil pertama di Yerusalem.

10. Avenue of the Baobabs

 #1 of Famous Trees In The World
Ini adalah sekumpulan pohon unik di pinggir jalan tanah antara Morondava dan Belon'i Tsiribihina di barat Madagaskar. Pemandangan mencolok, menarik wisatawan dari seluruh dunia, menjadikannya salah satu lokasi yang paling sering dikunjungi di daerah tersebut. Diperkirakan umurnya mencapai 800 tahun. Jumlah pohon ini sudah banyak berkurang sejak penduduk setempat menebangi pohon untuk lahan pertanian.

0 komentar:

Posting Komentar